Woensdag 27 Maart 2013

Black Forest Kukus

Kepingin bikin black forest, tapi nggak punya oven? Jangan sedih ahhh :) Berdayakan kukusan yang ada di rumah, Black Forest lezat pun siap disajikan untuk keluarga dan teman-teman tercinta..

Resep Resep Black Forest Kukus

Kepingin bikin black forest, tapi nggak punya oven? Jangan sedih ahhh :) Berdayakan kukusan yang ada di rumah, Black Forest lezat pun siap disajikan untuk keluarga dan teman-teman tercinta.

+temukan resep di Resep Keluarga
Berikut resep dan tipsmya :

Black Forest Kukus

Bahan-bahan :

Bahan CAKE :

8 butir telur utuh
100 gr terigu protein rendah/sedang
50 gr coklat bubuk
25 gr maizena
25 susu bubuk full cream
1 sdm emulsifier
180 gr gula pasir
100 gr unsalted butter (mentega tawar)
1 sdt pasta vanilli

Bahan Olesan dan Hiasan:

500 ml dairy whipped cream
250 ml rhum (jika suka)
1 kaleng dark cherry (saring, pisahkan airnya, lalu belah setiap buah menjadi 2)
150 gr gula pasir
100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
10 buah cherry merah/hijau sesuai selera

Cara Membuat:

CAKE :

Campur terigu, coklat bubuk, susu bubuk full cream dan maizena, aduk rata.
Kocok telur, gula dan emulsifier hingga pucat, mengembang dan kental berjejak (15-20 menit dengan hand mixer)
Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata.
Masukkan mentega tawar leleh, aduk rata.
Tuang dalam loyang ukuran 24 cm & tinggi 7 cm, kukus hingga matang .
Setelah cake lulus tes tusuk, dinginkan
Belah melintang cake menjadi 3 bagian menggunakan pisau panjang khusus cake.

Cara Membuat Bahan Olesan dan Hiasan:

Kocok whipped cream hingga mengental, sisihkan.
Panaskan air tirisan dark cherry, campur dengan gula pasir, aduk rata, dinginkan. Setelah dingin, campur dengan rhum (jika suka)
Membuat cokelat hiasan : tim cokelat hingga meleleh. Lalu tuang di atas selembar plastik bening yang lebar, ratakan dengan spatula, masukkan ke dalam freezer. Setelah membeku, cokelat lembaran siap dipatahkan untuk menghias Black Forest.

Menghias Cake :

Ambil 1 lapis cake, basahi dengan larutan air dark cherry. Oles dengan whipped cream, lalu atur belahan cherry hitam di atasnya. Tumpuk diatasnya lapisan kedua, oles dan beri dark cherry dan whipped cream lagi, tumpuk lagi dengan lapisan teratas, begitu seterusnya.
Rapikan, oles seluruh cake dengan whipped cream, hias dengan patahan cokelat hingga tertutup semua. Semprotkan whipped cream, hias dengan cherry merah/hijau sesuai selera.

Tips :

Jangan lupa melapisi tutup kukusan dengan kain bersih untuk menghindari tetesan air yang jatuh menimpa cake. Akan lebih baik jika menggunakan kukusan kotak (klakat) dengan tutup berbentuk kerucut. jika menggunakan kukusan jenis ini, tidak perlu lagi melapisi tutup kukusan dengan serbet.

Hai Cantik

Tes tusuk : cake dikatakan sudah matang sempurna jika sudah lulus tes tusuk. Tusuk cake dengan sumpit, jika sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti cake sudah matang sempurna.
Whipped cream dairy, memiliki rasa yang relatif lebih enak dari pada yang non-dairy. Namun, kelemahan whipped cream dairy adalah teksturnya yang lebih cepat lumer jika ditaruh terlalu lama pada suhu ruang. Sebaiknya, selalu simpan Black Forest dengan whipped cream dairy pada lemari pendingin.

Pada saat mengocok kue dengan hand mixer, pastikan wadah untuk mengocok sudah bersih bebas lemak dan dalam keadaan kering. Gunakan wadah (baskom) yang besar, sehingga tangan lebih leluasa mengendalikan mixer.
Gunakan api sedang-kecil pada saat mengukus. Mengukus dengan api terlalu besar, menyebabkan adonan menggelembung dan matang tidak merata.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking