Sondag 24 Maart 2013

Naskah Drama Singkat


NASKAH DRAMA :: Contoh Naskah Drama Singkat Stella II

Posted by Hari Yanto on Monday, March 18, 2013

CONTOH NASKAH DRAMA SINGKAT - Contoh naskah drama singkat babak II Stella. Sebelum masuk pada contoh naskah drama singkat, mari kita ulas sedikit agar tidak lupa apa itu naskah drama. Pengertian drama dan unsur dalam drama dapat dibaca di artikel sebelumnya. Oke langsung saja, naskah drama bentuk dan susunannya berbeda dengan naskah cerita pendek atau novel. Naskah cerpen dan novel berisi cerita lengkap dan langsung tentang peristiwa yang terjadi.

Sebaliknya, penuturan cerita dalam naskah drama deganti dengan dialog para tokok. Jadi naskah drama itu mengutamakan ucapan atau perbincangan tokoh-tokohnya.

Kembali pada contohnaskah drama singkat babak II stella. Naskah drama singkat ini saya kutip dari karya Wolfgang Von Goethe. Untuk contoh naskah drama yang I sudah saya tuis di sana " Contoh NaskahDrama Babak I Stella”. Bisa di lihat disitu.

Nah sekarang saatnya contoh naskah drama singkat yang babak II saya tulis disini. Mau tau cerita selanjutnya tentang Stella?


Contoh Naskah Drama Singkat Stella Babak II

Inilah naskah dramanya :                 
BABAK 2

CONTOH NASKAH DRAMA SINGKAT “STELLA”

Stella. Seorang pelayan.

Stella.
Cepat pergi, bergegaslah! Katakan padanya bahwa aku menantinya.
Bedienter.
Dia berjanji bahwa dia akan segera datang.
Stella.
Kamu lihat  sendiri,  dia tidak datang. Aku  sungguh -  sungguh  sangat menyukaigadis itu. Pergilah! - Dan bawa serta juga ibunya, ya! Pelayan pergi.
Stella.
Aku tak sabar menunggu mereka. Seperti menantikan sebuah keinginan, harapan, hingga datang sebuah gaun yang baru! Stella! Kau seperti seorang anak kecil. Dan mengapa aku tidak mencintai? Sebenarnya aku butuh banyak, banyak, untuk mengisi hati ini! - Banyak? - Stella yang malang? Banyak? Jika tidak, tentu dia masih mencintaimu, masih berbaring di pangkuanmu, tatapannya mengisi segenap jiwamu; dan - oh Tuhan di surga! Nasehatmu sungguh tak terjangkau. Jika saja aku dengan ciuman darinya di mataku menyapaMu, hatiku akan bergelora bersamanya, dan aku akan meneguk segenap jiwanya dengan bibirku yang gemetar, dan kemudian aku akan menengadah padaMu dengan linangan air mataku, dan dengan segenap hatiku kukatakan padaMu: Biarkanlah kami bahagia, Ayah! Kau sungguh - sungguh telah membuat kami bahagia! Tetapi itu bukanlah keinginanMu- Hal itu terbesit dipikirannya, lalu naik ke hatinya dengan begitu cepat dan kemudian ia menekankan kedua tangannya ke hatinya. Tidak, Fernando, tidak. Itu bukan cela!

Madam Sommer dan Lucie datang.

Stella.
Akhirnya aku memilikimu! gadis manis, kau hanyalah milikku. - Madam, saya sangat berterimakasih atas kepercayaan Anda yang telah rela memberikan harta Anda yang berharga ini pada saya. Kepercayaan itu sangat berarti bagi saya, sungguh suatu budi pekerti yang baik. Oh, aku sudah banyak tahu tentangmu, Lucie.
Madame Sommer.
Anda merasakan apa yang saya bawakan untuk Anda dan membiarkannya.
Setelah beberapa saat melihat pada Madam Sommer.
Maafkan saya! Orang telah menceritakan pada saya tentang kisah Anda, saya tahu bahwa saya telah memiliki orang - orang dari keluarga baik - baik di rumah saya; tapi saya terkejut dengan kehadiran Anda. Saya merasakan kepercayaan dan rasa hormat pada Anda sejak pandangan pertama.
Madame Sommer.
Nyonya yang terhormat - Nyonya-
Stella.
Tidak perlu begitu. Apa yang ada di hati saya maka itulah yang terucap dari mulut saya. Saya dengar Anda kurang sehat; bagaimana keadaan Anda? Silahkan duduk!
Madame Sommer.
Begitulah nyonya! Perjalanan ini tepat di musim semi, mampu mengubah sesuatu dan ini murni. Udara yang penuh dengan berkat, semua itu membuat saya merasa mendapat kesegaran baru, semua memandang pada saya dengan begitu baik, begitu bersahabat, bahkan kenangan saya tentang hilangnya kebahagiaanpun berubah menjadi perasaan yang begitu nyaman. Saya seperti melihat pantulan sinar fajar dari masa - masa emas ketika remaja dan cinta di segenap jiwa saya.
Stella.
Ya hari ini! Hari pertama untuk cinta! - tidak, kamu tidaklah kembali pada langit, pada waktu emas itu! sekarang inipun kamu masih bisa memasukkan setiap hati, sebagaimana bunga mengungkapkan cintanya. menggenggam tangannya. Betapa besar! Betapa manis!
Stella.
Wajahnya berkilau seperti wajah seorang malaikat, pipinya menguning!
Madame Sommer.
Oh, dan hatiku! Lalu bagaimana kabarnya! Bagaimana hal itu bisa menggelembungkan hati Anda!
Stella.
Anda tentu pernah mencintai! Oh, terimakasih Tuhan! Seorang makhluk yang mengerti aku! Yang dengan iba hati dapat memilikiku! Yang tidak menatapku dengan dingin kedalam sakitku! - Seandainya kami bisa untuk tidak sekalipun melakukan itu, tapi begitulah kami! Apa lagi yang belum kulakukan! Apa lagi yang belum kucoba! - Ya, apakah semua itu telah membantu? - hanya itu yang kuinginkan - dan tidak ada yang lain lagi di dunia ini - Ahh! - Oh! Sang kekasih entah dimana, dan semua ini hanya untuk kekasih itu.
Madame Sommer.
Anda membawa langit ke dalam hati.
Stella.
Eh aku berbuat salah, karena fotonya! Jadi, ia bangun dan masuk ke dalam masyarakat, dan dia melihatku- sehingga dia meledak diatas ladangnya, dan menyerang seseorang di pintu kebunku. Aku melihatnya berlalu, berlalu - ahh, dan dia datang kembali - penantiannya telah kembali - - Aku membalikkan pikiranku ke dalam suara - suara dunia - dia di sana! Ketika aku duduk di kelas dan dengan pasti, di mana dia juga terjebak, aku ingin melihatnya atau tidak, sehingga dia mengetahui dan mencintai setiap gerakanku, kebangkitanku, keberadaanku! Aku merasakan bahwa getar - getar dari buluku padanya lebih menarik dari pada seluruh kedipan mata disekelilingku, dan itu semua merupakan seluruh musik dari melodi hatinya yang abadi: Stella! Stella! Bagaimana kau mencintaiku!" 

Lucie.

Bisakah orang mempunyai cinta yang begitu besar pada orang lain?
Stella.
Kau bertanya gadis kecil? Hal itu tak dapat kujawab. - Tapi aku dapat menghibur kalian dengan sesuatu! Hal - hal kecil! Hal - hal kecil yang penting - sungguh -sungguh, orang itu sebenarnya adalah anak yang sudah besar, dan memang begitulah adanya. - seperti anak - anak yang bersembunyi di balik celemeknya dan menelepon beep! Orang harus mencarinya! Bagaimana hati kita bisa benar -benar terisi, jika kita menyakiti hati dan meninggalkan cinta kita begitu saja sehingga kita begitu sibuk mengaturnya; dengan perubahan ketabahan kami duduk di hadapannya! Sebagai latihan dalam dada kita ketika naik dan turun! Dan seperti ledakan baru - baru ini, hanya sekilas, dan lalu berjabat tangan bersama.
Madame Sommer.
Sungguh bahagia! Anda hidup masih dengan jiwa termuda, sangat manusiawi.
Stella.
Seribu tahun air mata dan rasa sakit ini tidak mampu mengimbangi kesan pertama, ketika gemetar, gagap, dekat, mundur, - lalu melupakan dirinya sendiri -dengan melarikan diri, ciuman yang berapi - api, dan pelukan hangat yang pertama - Madam! Mereka telah tenggelam, Sayang! Dimanakah mereka?

Contoh Naskah Drama Singkat
Madame Sommer.
Pria! Pria!
Stella.
Mereka membuat kita bahagia dan menderita! Mereka mengisi hati kita dengan hukuman dari rasa puas! Apa yang baru, perasaan asing dan harapan yang melambungkan jiwa kita, ketika badai gairah di setiap saraf kita saling berbicara. Berapa kali aku bergetar, ketika dia meneteskan air matanya yang tak tertahankan lagi di dadaku karena penderitaannya di dunia! Demi Tuhan, aku memohon padanya untuk mengampuni dirinya sendiri! Mengampuniku! - Sia - sia - Dengan usaha keras, ia terus mengipasi api yang ada padaku. Sebagaimana layaknya seorang gadis yang selalu memakai hati dan perasaannya dari kepala hingga ujung kaki. Dan dimana sekarang keberadaan garis langit untuk makhluk ini, agar ia dapat bernafas didalamnya, dan untuk menemukan kebutuhan pokoknya?
Madame Sommer.
Kami percaya pada laki - laki! Disaat - saat bergairah, mereka menipu dirinya sendiri - tapi mengapa kita tidak harus menipu?
Stella.
Madam! Hal semacam itu pernah juga terlintas di kepalaku - Kita ingin menjadi seperti yang lain, sebagaimana kita seharusnya! Kita ingin hidup bersama -sama! - tangan Anda! - sejak saat ini saya tidak akan membiarkan Anda!
Lucie.
Itu tidak boleh!
Stella.
Mengapa, Lucie? Madame Sommer.
Putri saya merasa -
Stella.
Tak adakah perbuatan baik dalam anjuran ini! Apakah Anda merasa membantu saya jika Anda tinggal! Oh, aku mungkin tidak sendirian! Cinta, aku sudah melakukan semuanya, aku telah membeli unggas dan rusa kecil dan anjing -anjing; aku mengajari gadis - gadis kecil merajut, hanya agar aku tidak merasa sendirian, hanya agar aku dapat melihat semua yang ada disekitarku terasa hidup dan terus bertambah. Lalu bilapun kemudian aku beruntung, jika dewa yang baik mengangkat seluruh luka dalam jiwaku dengan sinarnya di pagi musim semi yang cerah; dan ketika aku bangun dengan tenang, dan sinar matahari menyinari bunga - bunga yang bermekaran, dan aku mulai sibuk, dan aku merasa bangkit dengan kesibukan - kesibukan hari - hariku: kemudian aku mengerjakannya sementara waktu, melaksanakan dan mengatur, dan memimpin orang - orangku, dan aku bersyukur untuk setiap waktu dimana aku merasa hatiku bebas.
Madame Sommer.
Ah ya, nyonya, saya dapat merasakannya! Aktivitas dan amal adalah suatu hadiah
dari surga, pengganti kisah cinta yang tidak bahagia.
Stella.
Pengganti? Untuk kompensasi, bukan penggantian, - sesuatu sebagai pengganti yang hilang, tetapi bukan lagi hilang dengan sendirinya - Kehilangan cinta! Dimana letak penggantiannya? -Oh, ketika aku terkadang tenggelam dalam pikiranku, membawakan mimpi - mimpi indahku di masa lalu dari jiwaku, membalaskan harapan penuh masa depan, dan seakan bulan senja turun di kebunku, kemudian itulah saatnya untuk mengajakku! Ambillah aku yang sedang sendirian, mengulurkan tangan padaku dengan empat angin yang hanya sia - sia, pesona cinta yang sia - sia dengan tekanan, kelimpahan yang aku maksudkan, seandainya aku harus turunkan rembulan, dengan kekuatanku sendiri, tanpa suara aku menjawabnya dari balik semak - semak, dan bintang - bintang dingin dan bersahabat dengan penderitaan itu. dan kemudian, tiba - tiba makam anak saya di kaki saya-
Madame Sommer.
Anda pernah punya anak?
Stella.
Ya, sayang! Oh Tuhan, kau telah memberiku kebahagiaan hanya untuk membayar secangkir pahit dengan memakai seluruh hidupku. - jika ada seorang anak petani berjalan tanpa alas kaki dihadapanku, dan dengan mata besar tak berdosanya mencium tanganku, hal itu terasa amat menusuk ke dalam sum - sum dan tulang -tulangku! - Mungkin sudah sebesar itu, pikirku, Minaku, andai dia masih ada! Aku sangat takut mencintai terlalu tinggi, menciumnya ratusan kali; hatiku robek, air mataku terus berlinang, dan aku melayang!
Lucie.
Ternyata Anda juga memliki banyak kesulitan dalam hidup.

CONTOH NASKAH DRAMA SINGKAT “BABAK II STELLA”
Stella
Tersenyum dan menepuk bahunya.
Bagaimana aku masih bisa merasakan! Bagaimana hiruk pikuk itu tidak membunuhku! - Disanalah aku! - memtik kuncup! Dan aku berdiri - dengan dada terdalam yang membatu - tanpa rasa sakit - tanpa kesadaran - - aku berdiri! - saat itu perawat mengambil anak itu, menekan ke dadanya, dan suatu kali berteriak: Masih hidup! - aku jatuh padanya, di lehernya dengan ribuan air mata yang jatuh di kaki anak itu - - Ahh, ia telah menipu! Anak itu sudah meninggal di pembaringannya, dan aku berdiri di sampingnya dengan marah, dan merasakan putus asa yang tak terkira sakitnya. Dia melempar diri ke kursi.
Madame Sommer.
Apakah Anda bertanya pada sesorang tentang pikiran Anda mengenai kejadian yang menyedihkan itu.
Stella.
Tidak! Tentu saja tidak. Tampaknya hati saya sudah terbuka kembali, dan dapat menganggap semua itu sebagai percakapan lepas dari apa yang selama ini begitu menekan saya! - Ya, bahkan kalau saya akan memulai bercerita padanya bahwa saya adalah segalanya! - dia - Kalian harus melihat potretnya! - potretnya - o, saya selalu berpikir bahwa bentuk raga manusia merupakan teks terbaik lebih dari apapun, yang dapat merasakan dan menceritakan tentang diri mereka sendiri.
Lucie.
Aku penasaran.
membuka lemari dan memimpin dirinya. Disini, sayangku, disini!
Madame Sommer.
Tuhan!
Stella.
Baikalah! Baiklah! - dan bukan hanya ribuan bagian dari dirinya. Kening ini, mata gelap ini, rambut ikal ini, keseriusan ini - tapi ah, sayang nya, ia tidak bisa mengungkapkan cinta, kebaikan, ketika jiwanya dicurahkan! O hatiku, kau merasa sendirian!
Lucie.
Madam, aku heran!
Stella.
Ada seorang laki-laki!
Lucie.
Saya harus memberitahu Anda, hari ini saya makan di sana dengan seorang perwira di Posthaus, dan tuan ini sangat mirip - oh ia sendiri! Saya akan pertaruhkan hidupku!
Stella.
Hari ini? kau menipu dirimu sendiri! Juga menipuku!
Lucie.
Hari ini! Dia adalah seorang yang sudah agak tua dengan kulit berwarna cokelat terbakar matahari. Itu pasti dia! Pasti dia!
Stella
menarik klem tersebut.
Lucie, hatiku seperti hancur! Aku akan ke seberang sana!
Lucie.
Mengapa tidak mengirim orang saja?
Stella.
Mengirim orang? Oh hatiku! -. Pelayan datang.
Stella
Wilhelm, pergilah ke Posthaus! Pergilah! Di sana ada seorang perwira, yang harus
- dia - Lucie katakan padanya - dia harus datang kemari.
Lucie.
Apakah pelayan ini mengenal Tuan?

Contoh Naskah Drama Singkat Stella Babak II
Ilustrasi Pementasan Drama


Bedienter.
Seperti mengenal diriku sendiri.
Lucie.
Kalau begitu segeralah berangkat ke Posthaus; di sana ada seorang perwira, yang sangat mirip dengan Tuan. Dan lihatlah sendiri, apakah saya menipu diri sendiri. Saya bersumpah bahwa dia adalah Tuan.
Stella.
Katakan padanya bahwa dia harus kemari, harus! Cepatlah! Cepat! - Jika dia masih disana! - aku ingin ada di sana - di - kau memebohongi dirimu sendiri, itu mustahil. - biarkan aku, ya sayang, biarkan aku sendiri! -Ia menutup lemari di belakangnya.
Lucie.
Ada apa, ibu? Mengapa kau begitu pucat!
Madame Sommer
Ini adalah hari terakhir dalam hidupku! Hatiku tak dapat memikul ini semua! Semua, semua sekaligus.
Lucie. 
Ya Tuhan!
Madame Sommer.
Suamiku - foto itu - kekasih yang selama ini diharapkan! - dia adalah suamiku! Dia adalah ayahmu!
Lucie.
Ibu! Kau adalah ibu yang terbaik!
Madame Sommer.
Dan dia ada di sini! - Dan akan jatuh ke dalam pelukannya, dalam beberapa menit lagi! - Dan kita? - Lucie, kita harus pergi!
Lucie.
Kemana Anda inginkan.
Madame Sommer.
Segera!
Lucie.
Datanglah ke taman. Saya ingin pergi ke kantor pos.
Jika mobil itu sudah berangkat, maka kita dapat meninggalkan tempat ini dalam keheningan - mereka sekarang, sedang mabuk dengan kebahagiaan -
Madame Sommer.
Dalam semua kegembiraan reuni yang melingkupinya! Dan aku pun saat ini, bahagia telah menemukannya kembali - Selamanya! Selamanya!

CONTOH NASKAH DRAMA SINGKAT “BABAK II STELLA”


Fernando dan pelayan datang.

Bedienter.
Silahkan kemari! Apakah Anda tidak mengenal lagi kabinetnya? Dia menjadi sangat marah! Ah! Sehingga Anda dapat berada disini kembali! Fernando seperti melihat kembali masa lalunya.

Madame Sommer.
Ini dia! Ini dia! Aku telah kehilangan.

Nah begitulah carita drama Stella di babak ke II ini, nantikan contoh naskah drama singkat Stella di Babak ke III.
Terima kasih telah membaca naskah drama singkat tersebut, mudah-mudahan dengan membaca drama tesebut dapat memberikan gambaran dalam pembuatan naskah drama singkat dan dapat melihat unsur-unsur dalam drama. Sekian dulu ya contoh naskah drama singkat nya. Okeee

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking