Sondag 24 Maart 2013

Proses dan Unsur Komunikasi


PENGERTIAN KOMUNIKASI :: Proses dan Unsur Komunikasi

Posted by Hari Yanto on Saturday, March 23, 2013

PENGERTIAN KOMUNIKASI :: Proses Komunikasi, Unsur-unsur Komunikasi dan Manfaat Komunikasi.  Komunikasi adalah sarana yang dapat mempermudah interaksi antar manusia di seluruh dunia. Sekarang ini komunikasi dan pendidikan merupakan bagian yang penting dan tidak terpisahkan dalam perkembangan sains dan teknologi.

Istilah komunikasi  atau dalam bahasa Inggris communication berasal dari katalatin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.

Menurut Carl I. Hovland, ilmu komunikasi adalah : Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.

Pengertian komunikasi menurut ahli yang lain menyebutkan bahwa komunikasi merupakan sebuah proses sosial yang terjadi antara paling sedikit dua orang dimana seseorang mengirimkan sejumlah simbol tertentu kepada orang lain (Kennedy dan Soemanagara, 2006: 4).
pengertian komunikasi dan unsur-unsur komunikasi

Proses Komunikasi dan Unsur Komunikasi

Proses komunikasi terbagi menjadi dua tahap, yakni secara primer dan secara sekunder.

1.  Proses Komunikasi secara primer
Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (simbol) sebagai media.

2.  Proses Komunikasi secara Sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.

Unsur –unsur dalam Proses Komunikasi
Penegasan tentang unsur – unsur dalam proses komunikasi itu adalah sebagai berikut :
- Sender       :    Komunikator yang menyampaikan pesan kepada seseorang atau sejumlah orang
- Encoding    :    Penyandian, yakni proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambang
- Message    :    Pesan yang merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator
- Media         :    Saluran komunikasi tempat berlalunya pesan dari komunikator ke pada komunikan
- Decoding   :    Pengawasandian, yaitu proses di mana komunikan menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya
- Receiver    :    Komunikan yang menerima pesan dari komunikator
- Response  :    Tanggapan, seperangkat reaksi pada komunikan setelah diterima pesan
- Feedback   :    Umpan balik, yakni tanggapan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator
- Noise         :    Gangguan tak terencana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya

Sekian dulu kajian teori menenai komunikasi yang telah membahas tentang teori komunikasiyaitu pengertian komunikasi, proses komunikasi dan unsur-unsur komunikasi, semoga bermanfaat.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking