Donderdag 25 September 2014

Tape Ketan Kuningan

tape
Tape ketan Kuningan adalah sebuah kisah menarik dunia usaha kuliner makanan khas rakyat. Awalnya makanan ini hanya ramai diproduksi menjelang Lebaran. Namun para perintis industri rumahan tape ketan yang tak kenal menyerah dalam berjuang berhasil mengantarkan penganan ini tampil sebagai oleh-oleh  khas Kota Kuningan, Jawa barat. Industri rumahan atau pembuatan tape ketan di Kuningan pun menjadi usaha yang menyediakan lapangan kerja sekaligus peluang usaha di bidang kuliner.
Sejarah Singkat :
Sejarah singkat tape ketan Pamela, asalnya masyarakat Cibereum, kampong tarik Kolot sering membuat tape dan rasanya manis, kemudian dikomersilkan dan salah satunya tape yang paling popular sekarang Pamela (singkatan dari nama anak pemilik perusahaan tape ketan Fajar dan Mela) Pamela popular sakitar tahun 1992.
Makanan yang satu ini terbuat dari beras ketan yg difermentasi dengan ragi,dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk.sehingga menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. tape ketan terbuat dari bahan bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. sehingga sobat tidak perlu khawatir untuk memakannya. tape ketan bisa tahan sampai 1 minggu lebih semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis (tapi jangan banyak2 minumnya ).
Cara membuat:
–         cuci beras ketan hingga bersih, rendam dalam campuran 1 ltr air dan pandan pasta semalaman. Tiriskan. Kukus hingga panas kepul-kepul.
–         Sementara itu didihkan 400 ml air, siram-siram kedalam ketan kukus yang masih panas, aduk rata. Kukus kembali 15 menit, angkat, dinginkan hingga betul-betul dingin.
–         Haluskan ragi tape.
–         Susun ketan hijau dalam wadah, taburi ragi tipis-tipis, taburi gula kastor, timpa lagi dengan ketan, taburi lagi dengan ragi dan gula. Tutup rata, biarkan selama 3 hari.

.Bahan :
500 gr beras ketan putih
1 Lt air 2 sdm pandan pasta
400 ml air panas
5 sdm gula pasir
Bahan Penunjang :
1. Daun Katuk (untuk pewarna hijau)
2. Lengkuas (untuk campuran warna)
3. Ember plastik (untuk pengemasan)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking